Merauke – Banjir rob melanda di Distrik Waan, Merauke, Papua, pada 31 Januari 2018. Akibatnya, tanaman warga rusak akibat terencam air asin. Pihak TNI menyangkal ada warga setempat yang sampai memakan kulit kayu untuk bertahan hidup.

“Warga Waan Kabupaten Merauke makan kulit kayu akibat kelaparan adalah hoax,” kata Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam siaran pers kepada detikcom, Selasa (6/3/2018).

Jarak dari Merauke ke Distrik Waan sekitar 250 km. Satu-satunya akses dengan kapal laut, meski ada jalur darat. Perjalanan sped boat sekitar 8 hingga 10 jam, itupun apabila cuaca baik.

“Banjir tepat pada saat terjadi fenomena super moon, blue moon dan gerhana bulan total sehingga air laut pasang yang mengakibatkan 11 Kampung di Distrik Waan Kabupaten Merauke terendam air laut. Banjir ini berlangsung selama beberapa jam melanda 11 kampung dengan total jumlah penduduk data adalah 4.500 jiwa,” ujarnya.

Banjir ini sebenarnya adalah bencana tahunan. Yaitu berlangsung antara Februari hingga Maret. Namun tahun ini karena adanya fenomena gerhana bulan dan super moon akhir Januari lalu sehingga gelombang pasang air laut lebih tinggi.

“Adapun informasi tentang warga mengkonsumsi kulit kayu karena tidak adanya bahan makananan pokok seperti beras, umbi umbian tidak ada karena banjir rob yang melanda daerah pesisir pantai Distrik Waan sejumlah 5000 orang memakan kulit kayu adalah tidak benar,” sambungnya.

Kulit kayu yang biasa di konsumsi penduduk asli Suku Kimaam di 11 kampung Distrik Waan adalah kulit kayu Getana yang dimakan sebagai pengganti pinang.

“Sampai saat ini tidak ada warga masyarakat di 11 kampung di Distrik Waan yang kekurangan bahan makanan karena mereka baru saja panen raya umbi petatas. Meskipun sebelumnya terendam air asin dan mengakibatkan daun tanaman layu. Namun umbinya masih bisa dipanen dengan baik. Sedangkan sumber pendapatan mereka selain berkebun adalah hasil laut dan berburu,” paparnya.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here