Jakarta – Serikat Buruh Migran menyoroti sistem kerja di Arab Saudi terkait eksekusi mati TKI Tuti Tursilawati. Kondisi kerja di Saudi dinilai buruk.

“Jadi belajar dari pengalaman kasus Tuti dan pekerja migran Indonesia yang mengalami hukuman mati, kami melihat ada beberapa hal. Pertama, kondisi kerja di Arab Saudi buruk. Hal itu dilandasi sistem kafalah, yang apa namanya, privasi, keluarga warga negara Arab itu tertutup. Dia bisa melakukan apa saja sehingga bahkan negara pun tidak bisa melakukan intervensi,” ujar salah seorang perwakilan Serikat Kerja Buruh, Boby, di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Boby mengatakan pihak Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi tak bisa langsung masuk ke rumah majikan TKI jika terjadi sesuatu. Kedubes harus didampingi aparat penegak hukum setempat.

“Untuk bisa masuk itu harus ada izin. Kedua, harus didampingi oleh aparat penegak hukum. Kalau itu tidak diizinkan, artinya tidak bisa masuk. Kondisi seperti ini rentan situasinya terhadap eksploitasi bahkan penganiayaan,” ujarnya.

Dalam kasus Tuti, Boby mengatakan TKI tersebut sering mendapat perlakuan tak senonoh dari majikannya. Tuti juga tak bermaksud membunuh majikannya seperti yang dituduhkan.

“Jadi Tuti ini sering mengalami pelecehan seksual, baik itu ditowel ataupun dipeluk dari belakang, yang peristiwa itu membuat dia merasa tidak terhormat, tidak bermartabat, akhirnya dia membuat aksi yang mungkin di luar dugaannya,” ujarnya.

Kerajaan Arab Saudi mengeksekusi mati Tuti pada Senin (29/10) pukul 09.00 waktu setempat. Namun Arab Saudi tak mengirimkan notifikasi ke pemerintah Indonesia mengenai hal itu.

Pemerintah Indonesia pun mengirimkan protes ke Saudi terkait eksekusi mati Tuti. Menlu RI juga sudah memanggil Dubes Arab Saudi untuk Indonesia terkait kejadian tersebut.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here