Jakarta – Indopolling Network merilis survei elektabilitas parpol di Jawa Barat. Hasilnya, parpol di posisi tiga teratas ditempati PDIP, Gerindra, dan Golkar.

“PDIP masih unggul dengan elektabilitas sebesar 19,5 persen. Disusul oleh Gerindra 13,8 persen, sementara Golkar berada di urutan ketiga dengan elektabilitas sebesar 9,2 persen,” kata Direktur Indopolling Wempy Hadir dalam pemaparan survei terbarunya di Bakoel Kopi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Survei dilakukan pada 9-15 Oktober 2018 dengan mengajukan pertanyaan spontan mengenai top of mind responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error sebesar kurang-lebih 2,8%.

Menurut Wempy, PDIP unggul di wilayah utara dan timur Jabar. Sedangkan Gerindra menguasai wilayah barat Jabar.

“Untuk Jabar selatan dan dan Jabar tengah menjadi pertempuran antara PDIP dan Gerindra,” imbuhnya.

Mayoritas responden memilih parpol dengan pertimbangan utama berdasarkan program atau visi-misi partai. Menurut Wempy, PDIP unggul karena publik Jawa Barat dinilai paling puas terhadap kinerjanya.

“Setidaknya terdapat 33,4 persen publik Jawa Barat yang menyatakan puas terhadap kinerja PDIP, disusul Gerindra 28,6 persen, Golkar 23,5 persen, dan PKS 22,3 persen. Sementara kepuasan terhadap kinerja partai lainnya masing-masing di bawah 20 persen,” terang Wempy.

Namun, tergambar dalam survei, angka responden yang belum menentukan pilihan juga terbilang banyak. Indopolling mencatat 32,5 persen responden menyatakan rahasia atau belum menentukan pilihan.

Sementara itu, caleg DPR dari Gerindra, Agnes Marcellina, tetap optimistis persentase dukungan parpol masih bisa berubah. Dia mengacu pada angka swing voters yang masih tinggi.

“Yang jelas, masih bisa berupa karena pemilih yang belum memilih atau swing voters masih banyak,” imbuh Agnes.

Agnes menyebut partainya juga melakukan survei sendiri. Berdasarkan survei itu, menurut Agnes, warga Jawa Barat, khususnya di Dapil XI, menunjukkan peningkatan dukungan terhadap Gerindra dan Prabowo Subianto.

“Hasil di Garut dan Tasikmalaya, responden untuk pasangan nomor 02 itu meningkat khusus di Garut dibanding 2014,” ujar dia.

Berikut ini elektabilitas parpol berdasarkan survei Indopolling:

PDIP: 19,5 persen
Gerindra: 13,8 persen
Golkar: 9,2 persen
PKS: 5,8 persen
PPP: 4,7 persen
PKB: 4,3 persen
Demokrat: 3,4 persen
PAN: 1,7 persen
Perindo: 1,7 persen
Nasdem: 1,3 persn
Hanura: 0,8 persen
Berkarya: 0,8 persen
PSI: 0,5 persen
PBB: 0,3 persen
Partai Garuda: 0,2 persen
Belum menentukan pilihan: 32,5 persen

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here