Medan – Sumatera Utara (Sumut) resmi menyandang status tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 bersama dengan Aceh. Infrastruktur penyelenggaraan olahraga pun mutlak diperlukan untuk menyukseskan kontestasi olaharaga terbesar di Indonesia itu.

Sekretaris Umum PSMS, Julius Raja, mengaku menaruh harapan besar sarana prasarana olahraga di Sumut. Stadion sepak bola salah satunya, apalagi saat ini klubnya sudah mengarungi kompetisi Liga 1.

“Pertama kita harus doakan Pak Edy jadi Gubernur Sumut. Saya yakin di tangan dia olahraga Sumut akan bangkit. Apalagi PON 2024 sudah pasti digelar di Sumut, ini butuh pemimpin tegas untuk memastikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk PON terbangun,” kata Julius dalam keterangan tertulis, Kamis (26/4/2018).

“Soal stadion utama yang akan dibangun di Kualanamu, warga Sumut sangat mendukung dan yakin jika pak Edy jadi Gubernur Sumut, maka hal itu akan terwujud. Beliau orang yang berkomitmen dan tidak pernah berbohong atas janjinya,” tambahnya.

Menurut dia, sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, nyatanya Sumut belum memiliki fasilitas olahraga yang bisa dibanggakan, termasuk stadion sepak bola. Tak dipungkiri, di beberapa daerah di provinsi itu memang ada beberapa stadion, namun tak ada yang layak untuk menggelar event berskala nasional, apalagi internasional.

Sebelumnya, calon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menegaskan jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Sumut 2018-2023, dia berkomitmen untuk membangun sarana dan prasarana olahraga sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya yakni merealisasikan pembangunan stadion baru.

“Paling dekat dan penting direaliaasikan adalah pembangunan stadion utama. Pemerintah sudah menyiapkan lahan di daerah Kualanamu, 100 hektar untuk sport centre. Di sana, direncanakan dibangun stadion utama yang setara minimal sama dengan Stadion Utama Gedebage Jawa Barat,” ujar Edy.

Menyinggung soal anggaran, menurut Edy, untuk PON 2024 Pemprov Sumut sendiri sudah meletakkannya dalam RPJMP dan RPJMD. Artinya, proyeksi anggaran sudah dialokasikan.

“Tinggal bagaimana mana gubernur baru nanti konsisten menampungnya selama 4 tahun sejumlah total Rp 3,3 triliun. Saya akan siapkan, jika warga Sumut berkenan. Yakinlah, saya kembali ke sini untuk membangun Sumut yang kita cintai dan banggakan ini,” tegas Edy.

Ada beberapa kandidat lokasi untuk dibangunnya stadion utama. Di antaranya di kawasan Kualanamu. Selain masih banyak lahan di kawasan tersebut, faktor dekatnya bandara internasional kualanamu menjadi nilai lebih.

Sumut pernah sekali jadi tuan rumah PON yakni pada 1953 silam. Saat itu, pembangunan fasilitas pendukung dibangun beberapa tahun sebelumnya. Termasuk Stadion Teladan di Medan yang dibangun pada 1950.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here