Pyongyang – Korea Utara telah mengubah zona waktunya agar cocok dengan Korea Selatan setelah pertemuan antar-Korea pekan lalu, menurut media milik pemerintah.

Pukul 23:30 waktu setempat (21:30 WIB) pada hari Jumat, jam-jam di negara itu maju 30 menit menjadi tengah malam.

Penyetelan ulang adalah “langkah praktis pertama” untuk mempercepat penyatuan Korea, kata kantor berita resmi KCNA.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia sudah menetapkan tanggal untuk pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un.

“Kami sekarang memiliki tanggal dan kami memiliki lokasi, kami akan segera mengumumkannya,” kata Trump kepada wartawan AS di luar Gedung Putih pada hari Jumat, menambahkan bahwa ia mengharapkan “hal-hal yang sangat, sangat baik” keluar dari pertemuan itu.

Trump akan menjamu presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih pada 22 Mei untuk membahas pertemuan yang akan datang.

Pertama sejak 1953: Pemimpin Korea Utara melintas masuk Korea Selatan
KTT Korea Utara -Selatan: Siapa saja yang dibawa Kim Jong-un melintasi perbatasan?
Di mana pertemuan bersejarah Donald Trump dan Kim Jong-un akan digelar?
Waktu apa yang dipegang Korea Utara?

Hingga saat ini, Korea Utara memegang Waktu Pyongyang, setengah jam di belakang Korea Selatan dan Jepang.

Tambahan 30 menit itu diperkenalkan pada 2015 sebagai tanda melawan “imperialis Jepang yang jahat”, karena jam di Korea Utara sebelumnya diubah untuk cocok dengan Tokyo ketika semenanjung Korea berada di bawah kekuasaan Jepang.

Korea Selatan juga telah pindah dari waktu Jepang pada 1950-an tetapi kembali lagi pada 1960-an.

Kedua jam – menunjukkan waktu di Korea Utara dan Korea Selatan – berdampingan di Panmunjom, kota di Zona Demiliterisasi (DMZ) tempat para pemimpin kedua negara baru-baru ini bertemu.

Setelah pertemuan kedua pemimpin Korea, kantor presiden Korea Selatan menulis twit yang mengatakan bahwa Kim merasa tertekan dengan melihat jam.

Siapa lagi yang pernah mengubah waktu mereka?
Pada 2007, mantan pemimpin Venezuela Hugo Chavez membalik kembali waktu di negara itu selama setengah jam, mengatakan hal itu akan memungkinkan lebih banyak orang bangun di siang hari.

Namun, banyak yang percaya dia hanya ingin menjauhkan diri dari zona waktu musuh bebuyutannya, AS.

Pada tahun 2016, penggantinya, Nicols Maduro, kembali ke sistem sebelumnya, empat jam di belakang GMT, berharap sore hari yang masih terang akan mengurangi kebutuhan energi di tengah krisis ekonomi yang berkembang.

Pada tahun 2011, Samoa dan Tokelau maju satu hari penuh – dan melompat ke barat melintasi garis waktu internasional – untuk menyelaraskan waktu dengan mitra dagang mereka

Apakah ada zona waktu lain yang tidak biasa?
Provinsi Newfoundland di Kanada secara resmi keluar setengah jam dari negara lain di provinsi Atlantik.

India setengah jam lebih awal dari Pakistan dan hanya 15 menit di belakang Nepal.

Ada perbedaan waktu 90 menit antara Australia Barat dan Australia Selatan melintasi perbatasan kedua negara bagian itu.

Namun, perbatasan terpencil kota Eucla dan daerah sekitarnya, dengan populasi beberapa ratus orang, secara tidak resmi beroperasi di zona waktu mereka sendiri, 45 menit di depan Australia Barat dan 45 menit di belakang Australia Selatan.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here