Jakarta – ‘Jualan’ Joko Widodo dua periode ala Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ke kepala desa menuai kontroversi. Tjahjo–dengan atribusi Mendagri yang melekat dalam acara itu–dianggap sedang berkampanye untuk Jokowi.

Dalam acara peningkatan kapasitas pemerintahan desa yang dihadiri ribuan kades di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Rabu (25/7/2018), Tjahjo awalnya bicara soal dana desa yang disebutnya merupakan program era Jokowi. Tjahjo mengatakan, selama ini banyak pihak yang mengklaim dana desa bukanlah program Jokowi. Padahal, kata Tjahjo, Jokowi sengaja menganggarkan dana desa untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Menurutnya, selain untuk pembangunan, dana desa digelontorkan juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di desa-desa. Harapannya perekonomian seluruh desa di tanah air terangkat.

Selanjutnya, di akhir-akhir sambutannya Tjahjo meneriakkan yel-yel yang disambut ribuan kades. Di sinilah Tjahjo ‘jualan’ Jokowi.

“Ingat dua kali, dua kali. Supaya anggaran desa bisa lima tahun ke depan pasti akan ditingkatkan,” tutur Tjahjo disambut tepuk tangan meriah dari para kades.

Sontak, pernyataan Tjahjo mendapat reaksi keras dari Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan dalam negeri, khususnya dari partai oposisi. Mereka menganggap Tjahjo offside alias melanggar aturan.

“Itu kategori kampanye namanya, Mendagri offside kalau ngomong begitu. Kalau betul Pak Mendagri menyampaikan di kepala desa, ‘kalau dana desa ingin lanjut Pak Jokowi harus dua periode’, itu namanya kampanye,” ujar Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria.

“Ajakan memilih Pak Jokowi dua periode offside. Mendagri offside,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera terpisah.

Bawaslu sebagai pengawas pemilu, punya pandangan hampir serupa dengan Riza dan Mardani. Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, apa yang dilakukan Tjahjo tergolong kampanye.

“Waktunya yang tidak tepat dan dapat dikategorikan kampanye,” ujar Bagja.

Tonton juga video ‘Mendagri: Pilkada 2018 Rasa Pilpres, Banyak Berita soal Jokowi’

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here