Kairo – Kementerian Purbakala Mesir mengatakan bahwa para peneliti tidak menemukan bukti-bukti tentang ruang rahasia di balik dinding makam Raja Mesir,Tutankhamun.
Pengindraan radar tiga tahun lalu mengisyaratkan bahwa ada ruang tersembunyi, yang sempat menimbulkan kehebohan di kalangan para arkeolog.

Bahkan sempat pula muncul spekulasi bahwa ‘ruang rahasia’ itu bisa jadi merupakan makam Ratu Nefretiti, ibu angkat Raja Tutankhmun.

Namun kini, setelah penyelidikan yang mendalam, dipastikan bahwa tidak ada ruang tersembunyi.

Kamar makam putri firaun berusia 3.700 tahun ditemukan
Misteri simbol lingkaran kuno yang bertahan ribuan tahun di berbagai kebudayaan
Mencari rumah untuk orang-orang mati

Penelitian mendalam atas kemungkinan ruang tersembunyi itu dilakukan oleh para peneliti di Universitas Politeknik Turin, Italia, namun tidak ada bukti-bukti yang ditemukan.

“Studi-studi sudah memperlihatkan tidak ada ruangan atau indikasi dari peninggalan apapun atau kerangka pintu, yang bertentangan dengan teori sebelumnya dengan asumsi keberadaan gang atau ruang yang berdampingan maupun di dalam makan Raja Tutankhamun,” seperti tertulis dalam pernyataan Mostafa Waziri, Sekjen Dewan Agung Purbakala Mesir, Minggu (06/05), seperti dikutip kantoer berita Reuters.

Ratu Nefertiti meninggal dunia pada abad ke-14 SM yang merupakan ibu angkat Tutankhamun dan temuan makamnya jelas merupakan terobosan besar dalam bidang arkeologi.

Patung wajahnya -yang mengabadikan kecantikan agungnya- yang sudah berusia sekitar 3.300 tahun kini dipamerkan di sebuah musim di Berlin, Jerman, namun makamnya belum diketahui.

Tahun 2015 lalu, Kementrian Purbakala Mesir sempat menyatakan bahwa ‘peluangnya 90% ‘ ada sesuatu di balik dinding makam Tutankhamun berdasarkan pengindraan radar awal.

Bagaimanapun saat itu beberapa pihak menuduh para pejabat Mesir sengaja mengangkat berita tersebut untuk meningkatkan industri pariwisata Mesir, yang mengandalkan peninggalan Mesir kuno.

Raja Tutankhamun sendiri mulai bertakhta ketika baru berusia sembilan atau 10 tahun hingga akhir hidupnya pada usia 19 tahun, sekitar 1324 SM.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here