Bandung – Calon gubernur Jabar Deddy Mizwar akan mendorong nelayan di Jawa Barat untuk membentuk koperasi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara agar para nelayan tidak tergantung lagi kepada tengkulak yang kerap membeli ikan dengan harga murah.

Dengan keberadaan koperasi, lanjut Deddy, bisa membantu para nelayan dalam memasarkan ikan hasil tangkapannya. Selain itu banyak manfaat lain yang bisa didapat bila dibentuk koperasi oleh para nelayan.

“Jadi meski (harus) dibuat koperasi, supaya nelayan tidak tergantung lagi kepada tengkulak yang menekan harga ikan. Tengkulak sama sekali tidak menguntungkan nelayan,” kata Deddy dalam rilis yang diterima, Kamis (24/5/2018).

Menurut Deddy, bila terlalu tergantung kepada tengkulak para nelayan dipastikan sulit mendapat keuntungan.

“Nanti utangnya makin banyak karena harga jual tidak memadai dan harus menjual kepada orang yang memiliki piutang. Ini yang tidak bisa membuat mereka (nelayan) keluar dari jerat kemiskinan,” ucapnya.

Setelah dibentuk koperasi, Deddy menambahkan, para nelayan juga bisa mengajukan asuransi kesehatan dan keselamatan selama melaut kepada Dinas Kelautan. Dengan begitu masa depan para nelayan betul-betul terjamin dengan baik.

“Nelayan saat melaut mengalami kecelakaan, enak kalau ada asuransi minimal ada biaya kesehatan. Biar pengurus koperasi nantinya yang mengurusi asuransi anggotanya,” ujar Deddy.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here