Jakarta – Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim mengenang soal masa-masa reformasi di Indonesia yang disebutnya mengesankan. Ia menyatakan banyak mengenal tokoh di Indonesia saat masa reformasi.

“Reformasi itu di Indonesia bergulir dan mengesankan terutama saya ikuti dengan dekat semua teman-teman kuat. Malah pada saat itu presiden Soeharto pun kenal dengan baik dan saya sering mengujungi beliau dan memahami, tapi dari segi dekat itu dengan Habibie pastinya,” kata Anwar usai pertemuan tertutup dengan Presiden RI ke-3, BJ Habibie, di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/5/2018).

Anwar juga bercerita soal alasannya berkunjung ke rumah Habibie hari ini. Menurutnya, kedatangannya karena ia ditelpon oleh Habibie untuk memperingati 20 tahun reformasi dan juga mengenang almarhumah Hasri Ainun Habibie.

“Pak Habibie telepon mengatakan ada kesempatan untuk memperingati 20 tahun reformasi di Indonesia juga kenangan ibu alamarhumah Ainun. Jadi Pak Habibie itu juga usulkan dan mengarahkan. Saya pun bilang ke Azizah (Istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail) kemari esok segera pulang sebab acara akad sumpah Perdana Menteri dan Menteri di istana negara. Tugas saya hanya sebagai pengiring kepada wakil perdana menteri,” ujarnya.

Selain itu, Habibie sendiri menyatakan dalam pertemuan itu mereka juga membahas soal globalisasi. Keduanya juga membahas kerja sama ekonomi dan budaya antara Indonesia dan Malaysia.

“Menghadapi globalisasi kita harus bisa kerja sama, perjuangkan bukan kepentingan ekonomi dan budaya saja tapi yang kita perjuangkan adalah peradaban dari budaya, agama, ilmu pengetahuan,” ucap Habibie.

“Lihat bagaimana Eropa dulu di antara mereka perang pecah sekarang stop,” sambungnya.

Selain itu, Habibie juga menyatakan dirinya dan Anwar punya cita-cita yang sama. Ia menyatakan kebijakan, baik di Indonesia dan Malaysia harus pro rakyat untuk memperbaiki kualitas peradaban.

“Pro rakyat agar rakyat itu bisa terus kualitasnya baik peradabannya,” tutur Habibie.

Anwar dan Habibie diketahui sudah lama memiliki hubungan pertemanan. Istri Anwar, Azizah, ikut dalam acara pengajian berkaitan dengan meninggalnya istri BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie.

Anwar bebas pada Rabu (16/5) lalu. Setelah bebas dari penjara, Anwar tak ingin terburu-buru kembali ke politik. Ia mengaku ditawari terlibat dalam pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad, tapi memilih beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here