Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kembali melakukan mediasi PBB dan KPU terkait sengketa pendaftaran Bacaleg 2019. Mediasi kedua akan dilakukan hari ini.

“Hari ini rencana jam 10.00 WIB, mediasi kedua,” ujar Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat dikonfirmasi, Selasa (31/7/2018).

Sebelumnya, mediasi telah dilakukan PBB dan KPU. Namun mediasi tersebut gagal. Afif mengatakan Bawaslu memberikan kesempatan tahapan mediasi dalam sengketa sebanyak dua kali.

“Kesempatan mediasi 2 kali, dan hari ini kami lakukan lagi,” jelasnya.

Jika mediasi gagal lagi, maka sengketa akan masuk pada sidang ajudikasi. Hal ini sesuai dengan proses tahapan penyelesaian sengketa.

“Jika kedua pihak tak bersepakat maka proses akan dilanjutkan pada ajudikasi,” tutur Afif.

Sebelumnya, mediasi pertama berjalan buntu. Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra menyebut KPU tidak profesional. Alasannya, komisioner KPU tidak dapat menunjukkan surat kuasa dan surat tugas menjalankan mediasi.

“Sebelum mediasi dimulai kami tanya, KPU kan anggotanya 7 orang, yang hadir dua orang, dua orang ini bisa nggak mengambil keputusan. Dia bilang kami ditunjuk oleh komisioner yang lain. Kalau ditunjuk mana surat tugasnya, kami hadir dengan surat kuasa DPP PBB, mana surat kuasa KPU dan surat tugasnya,” kata Yusril (30/7).

“Ini kan kita memasuki persidangan dengan yang lain kalau kalian tidak mempunyai surat kuasa dan surat tugas, jadi kalian siapa. Kita menganggap KPU bekerja tidak profesional,” sambungnya.

KPU kemudian menjawab tudingan Yusril. Komisioner KPU Ilham Saputra menegaskan pihaknya tidak memerlukan surat kuasa dalam mediasi.

“Kita (komisioner KPU) kan orang yang ditunjukkan dalam proses hukum tadi, termohonlah. Kita kan bagian kolektif kolegial sehingga untuk proses mediasi tidak perlu juga surat kuasa, kecuali di ajudikasi,” kata Ilham, Senin (30/7).

Tonton juga video: ’81 Anggota Bawaslu Provinsi Dilantik, Siap Kawal Pemilu’

Sumber : Detik
TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here