Semarang – Alvara Research Center melakukan survei untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Hasilnya, pasangan Ganjar-Yasin masih unggul dari pasangan Sudirman-Ida.

Riset menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada 1.000 responden dengan margin of error 3,16%. Tekniknya menggunakan multi-stage random sampling dan kish grid. Data dikumpulkan tanggal 20 hingga 30 April 2018 di wilayah Jawa Tengah.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Ganjar-Yasin mencapai angka 58,8 persen dan Sudirman-Ida mencapai angka 11,5 persen, sedangkan 29 persen merupakan pemilih mengambang atau belum memutuskan, serta ada pula 0,7 persen golput.

“Itu pertanyaan terbuka, jika dengan pertanyaan tertutup, Ganjar-Yasin 57,3 persen dan Sudirman-Ida 11,7 persen dengan pemilih mengambang 30 persen, golput 1 persen,” kata Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, di Kesambi Hotel Semarang, Senin (14/5/2018).

Yang menarik yaitu elektabilitas Cagub-Cawagub Jateng dilihat dari partai politik. Dalam survei itu ternyata pendukung PKB dan Gerindra juga ada yang memilih Ganjar Yasin. Padahal secera resmi kedua partai itu mengusung Sudirman-Ida.

“Hal yang menarik, 40.7 persen pemilih PKB juga memilih Ganjar-Yasin. Sedang 60,8 persen saja dari Gerindra yang memilih Sudirman-Ida,” tandasnya.


Lengkapnya, PKB 40,7 persen memilih Ganjar-Yasin, 37 persen Sudirman-Ida, 22,2 persen belum memutuskan. Gerindra 60,8 persen Sudirman-Ida, 29,4 persen Ganjar-Yasin, 9,8 persen belum memutuskan.

Kemudian PDIP, 86,7 persen Ganjar-Yasin, 2,4 persen Sudirman-Ida, 10,9 persen belum memutuskan. Golkar, 68,3 persen Ganjar-Yasin, 16,7 persen Sudirman-Ida, 20 persen belum memutuskan.

Kesimpulan dari hasil survei tersebut adalah elektabilitas Ganjar-Yasin masih tinggi. Keunggulan yang menyebabkan elektabilitas calon nomor urut 1 itu adalah kepuasan terhadap kinerja Ganjar, paling populer, dan aspek soliditas pemilih.

“Ganjar-Yasin menjadi pasangan yang paling disukai oleh 90,2 persen masyarakat Jateng yang kita survei dan dianggap layak memimpin kembali oleh 90,1 persen. Sedangkan Sudirman-Ida disukai oleh 25,9 persen responden dan 26,4 persen mengangap layak memimpin Jateng,” jelas Hasanuddin.

Sumber : Detik

TERTARIK UNTUK BERMAIN GAME POKER ONLINE? Langsung Join BOSHEPOKER...BOSHEPOKER.NET AGEN JUDI POKER ONLINE UANG ASLI TERPERCAYA INDONESIA 2018 BOSHEPOKER adalah sebuah situs layanan permainan game dengan alternatif baru yaitu secara online, baik melalui web ataupun mobile. Nikmati pengisian saldo kapan saja di mana saja - 24/7

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here